Mendefinisikan Pengertian Pekerjaan Sosial

PUBLICATION

SCIENTIFIC SOCIAL WORK DISCUSSION

“Mendefinisikan Pengertian Pekerjaan Sosial”

Untuk mengetahui definisi tentang Pekerjaan Sosial, kita dapat merujuknya kepada para ahli maupun organisasi resmi bidang Pekerjaan Sosial. Mari kita simak mengenai beberapa definisi tersebut, diantaranya:

Max Siporin, 1975: Pekerjaan Sosial sebagai suatu metode institusi sosial untuk membantu  orang mencegah dan memecahkan masalah mereka serta untuk memperbaiki dan meningkatkan keberfungsian sosial mereka.

Charles Zastrow, 1982: Pekerjaan Sosial merupakan sebuah aktivitas profesional dalam menolong individu, kelompok dan masyarakat dalam meningkatkan atau memperbaiki kapasitas mereka agar berfungsi sosial dan untuk menciptakan kondisi-kondisi masyarakat yang kondusif dalam mencapai tujuannya.

International Federation of Social Workers (IFSW), 2000: Profesi Pekerjaan Sosial mendorong upaya pemecahan masalah dalam hubungan antar manusia, perubahan sosial, pemberdayaan dan pembebasan manusia,  dan memperbaiki masyarakat. Menggunakan teori-teori tentang perilaku manusia dan sistem sosial, pekerjaan sosial melakukan intervensi pada pokok interaksi antara manusia dengan lingkungannya. Prinsip-prinsip hak asasi manusia dan keadilan sosial merupakan hal dasar/fundamental bagi pekerjaan sosial.

Bagaimana menurut Anda, sudah jelaskah mengenai pengertian Pekerjaan Sosial di atas? Secara garis besar, dapat kita tarik benang merahnya, namun sebagai mahasiswa Pekerjaan Sosial, apakah Anda tidak tertantang untuk membuat definisi yang kekinian dan sesuai dengan pemikiran Anda sendiri? Untuk memenuhi rasa semangat tersebut, SSWD telah mendiskusikannya dengan berbagai sudut pandang, pendapat serta ilmu-ilmu baru yang sebelumnya tidak kita dapatkan selama di kelas, dan prosesnya membutuhkan waktu yang cukup panjang. Kuncinya bukan terletak pada seberapa “sok pintar” kita untuk mengutak-atik sebuah definisi yang baku, namun lebih kepada mengasah kreativitas dan daya kritis seorang mahasiswa Pekerjaan Sosial.

Setelah melewati tahapan-tahapan diskusi dengan beragam pendapat/argumen, sanggahan dan penjelasan, maka SSWD bersepakat untuk menelurkan satu definisi tentang Pekerjaan Sosial sebagai sumbangsih dari mahasiswa STKS Bandung yang sedang “belajar” untuk menjadikan Indonesia sejahtera.

SSWD, 2011: Pekerjaan Sosial adalah sebuah profesi pertolongan yang bertugas untuk membantu individu, keluarga, kelompok, komunitas, atau masyarakat guna memperbaiki, mengembalikan, meningkatkan, dan mengembangkan keberfungsian sosialnya serta berupaya mendorong terjadinya perubahan sosial demi tercapainya standar kesejahteraan dalam kehidupannya.

NB: Scientific Social Work Discussion (SSWD) is an open discussion group for STKS’s students that has 2 focuses: 1)Science Development of Social Work and 2)Social Phenomenon Response. Will be held every Friday afternoon from 3.30 until 5 pm.

Hasil diskusi pada Jum’at sore, 23 September 2011

Diterbitkan pada Jum’at malam, 23 September 2011 at 10.22 wib

FILE DAPAT DIDOWNLOAD DI SINI SSWD#2_23 Sept 2011_Mendefinisikan Pengertian Pekerjaan Sosial

Peserta Diskusi: 1)Joko Setiawan; 2)Abd Muhni Salam; 3)Rendiansyah Putra Dinata; 4)Ibhen; 5)Bambang Sudrajat

===

Categories: Publikasi Hasil Diskusi, Science Development | Tags: , , , | 1 Comment

Post navigation

One thought on “Mendefinisikan Pengertian Pekerjaan Sosial

  1. Reblogged this on .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: