Mempertanyakan Kotak Saran Mahasiswa untuk Lembaga STKS Bandung

Bismillahirrohmaanirrohiim,,

Saat ini usaha yang dilakukan oleh lembaga STKS Bandung untuk menampung aspirasi dari mahasiswa adalah dengan membuat kotak saran yang ditempatkan di depan ruangan kantor Sub Bagian Praktikum dan Kemahasiswaan. Tapi pernahkah kita berpikir mengenai keefektifan dari upaya lembaga tersebut? Sejauh ini, tak pernah kita ketahui adakah saran yang dimasukkan oleh mahasiswa untuk perbaikan kampus ini? Lalu bagaimana respon lembaga ketika misalkan memang ada satu atau dua surat yang telah dimasukkan ke dalam kotak tersebut? Kita tidak tahu, dan kita tidak akan pernah tahu, kemudian mungkinkah kita mengatahui tentang hal itu?

Lalu dimana letak kesalahannya? Apakah mahasiswa kita memang adalah para mahasiswa yang apatis? Tidak bisa dibilang demikian juga. Atau kemungkinan yang kedua, sistem yang kurang begitu mendukung atas tanggung jawab tersampaikannya suara-suara mahasiswa untuk ditindaklanjuti hingga sampai kepada Ketua STKS Bandung. Sekali lagi, kita tidak tahu, dan tidak akan pernah tahu jika tidak proaktif mencari tahu.

Kembali lagi untuk membahas kotak saran yang meskipun  hanya sebuah kotak kecil, jika dimanfaatkan sebagaimana mestinya maka akan dapat membawa dampak besar bagi perbaikan-perbaikan di kampus ini. Jika demikian adanya, tentu seharusnya minimal ada dua hal yang harus dikuatkan. Satu adalah tentang masukan-masukan dari mahasiswa yang lebih digiatkan lagi, kemudian yang kedua adalah menganai sikap lembaga yang juga harus peduli tentang semua masukan-masukan konstruktif yang datangnya dari kalangan mahasiswa itu sendiri.

Untuk membuktikan hal di atas, maka kami para mahasiswa yang menyatakan diri peduli terhadap perbaikan kampus ini mulai memasukkan surat-surat saran yang berisikan realitas kendala dan kekurangan yang dirasa di lapangan. Jika setelah sekian lama surat-surat itu masuk ke kotak saran namun tanpa ada respon sama sekali dari pihak lembaga, maka dapat dipastikan bahwa kotak saran yang dipampang tersebut hanyalah sebuah hiasan belaka. Suatu hal yang mubazir tanpa ada guna. Terlepas dari itu semua, memang kita sebagai mahasiswa tidak boleh menilai terlebih dahulu (prinsip peksos: non judgmental). Lihat faktanya, baru bergerak untuk membuat perubahan.

Karenanya, kami menghimbau kepada seluruh mahasiswa  STKS Bandung untuk memberikan tanggapan kepada kontak person yang telah ditampilkan di bawah.

Salam hangat dan semangat selalu. SALAM PERUBAHAN..!!!

Joko Setiawan, Mahasiswa D-IV Jurusan Rehabilitasi Sosial STKS Bandung angkatan 2008

CP: 0857 2200 4700/ joko.setiawan1@gmail.com / http://bocahbancar.wordpress.com/

Abd Muhni Salam, Mahasiswa D-IV kelas III-C STKS Bandung

CP: 085 242 609 369/ muhni28@yahoo.com / http://clabinmuhni.blogspot.com/

Categories: Opini Mahasiswa | Tags: , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: