Peran Strategis Pekerja Sosial dalam Membangun Jawa Barat

P U B L I C A T I O N

SCIENTIFIC SOCIAL WORK DISCUSSION

“Peran Strategis Pekerja Sosial dalam Membangun Jawa Barat”

SSWD Edisi #014, Tahun #III 28 Februari 2013

SSWD kembali mengadakan diskusi dengan tema “Peran Strategis Pekerja Sosial untuk membangun Jawa Barat yang lebih baik”. Sedang hangatnya pemberitaan mengenai pemilihan gubernur Jawa Barat yang dilaksanakan  pada tanggal 24 Februari 2013 yang lalu. Melihat beberapa mahasiswa yang sangat antusias dalam membahas mengenai tema diskusi tersebut.

Pada dasarnya pekerja sosial mempunyai peran dan fungsi dalam menyelesaikan permasalahan sosial terutama di daearah Jawa Barat. Banyaknya permasalahan sosial di daerah Jawa Barat seharusnya memicu pemerintah daerah untuk lebih intensif dalam penanganan permasalahan sosial ini. Permasalahan sosial seperti anak jalanan, anak terlantar, anak dengan kecacatan, pengemis, AMPK serta permasalahan sosial lainnya menjadikan Jawa Barat sebagai daerah yang sangat rentan dalam permasalahan sosial. Dengan banyaknya permasalahan ini seharusnya pemanfaatan fungsi pekerja sosial dalam permasalahan sosial sangat perlu dilibatkan. Namun sayangnya fakta di lapangan bahwa masih sangat sedikit pemanfaatan pekerja sosial dalam melakukan kontribusi mengenai permasalahan sosial di Jawa Barat. Kurangnya wadah dalam memberikan pekerjaan bagi pekerja sosial menjadi salah satu alasan bahwa fungsi peksos dalam pemanfaatannya menjadi sangat berkurang.

Peserta SSWD#14 Peran Peksos dlm Membangun JABAR

Melihat banyaknya permasalahan sosial ini sangat diperlukan kebijakan dari seorang kepala daerah dalam mengatur program kerjanya terutama dalam penanganan permasalahan sosial. Setidaknya Pemerintahan Jawa Barat yang baru, perlu memanfaatkan tenaga pekerja sosial yang berada di daerah Jawa Barat seefektif mungkin. Pekerja Sosial dibekali dengan berbagai keterampilan, ilmu dan nilai-nilai dalam melakukan pekerjaan sosial yang harusnya menjadikan profesi ini sebagai tombak utama pemerintah Jawa Barat dalam menyelesaikan permasalahan sosial yang ada.

Pada pertemuan ICSD Juni 2012 tahun lalu di Yogjakarta. Terdapat mahasiswa STKS yang mengusungkan pemanfaatan Karang Taruna dalam menyelesaikan Permasalahan Sosial (Pemenang Makalah Terbaik di Student Forum ICSD 2012. Hajbudin Hekmatiar, angkatan 2010) yang mengusungkan tentang penempatan pekerja sosial di seluruh karang taruna yang ada di Indonesia dengan status Pegawai Negeri Sipil agar menjadikan suatu daerah dapat dimanfaatkan dengan baik potensi dan keberfungsian sosial daerah tersebut. Jika idenya ini dapat dimanfaatkan oleh pemerintah Jawa Barat, maka pekerja sosial dapat dimanfaatkan dengan sangat baik keterampilan dan ilmu yang dimilikinya.

Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial sebagai Instansi Pemerintah di bawah naungan Kementrian Sosial menjadikan Perguruan Tinggi Kedinasan ini sangat berperan aktif dalam memberikan kontribusi mengenai permasalahan sosial yang ada di Indonesia. Letak STKS yang berada di Jawa Barat menjadikan STKS sebagai instansi yang sangat strategis dalam melakukan sinergi dengan pemerintah Jawa Barat. Dengan melihat banyaknya dosen-dosen STKS yang melakukan penelitian dan pengabdian, adanya Penelitian mahasiswa, Praktikum mahasiswa yang letaknya di Jawa Barat menjadikan STKS mempunyai kerjasama yang sangat aktif dengan pemerintah daerah Jawa Barat. Namun jika meninjau lebih jauh sangat diperlukan adanya kerjasama yang lebih intensif tidak hanya sebatas fungsi yang telah disebutkan di atas, tetapi pemanfaatan lulusan STKS agar dapat dipekerjakan dalam sebuah Lembaga pemerintahan (sesuai kualifikasi dan keterampilan yang diperlukan) untuk menangani permasalahan sosial di seluruh daerah Jawa Barat. Jika kerjasama ini dapat direalisasikan dengan baik tidak dipungkiri bahwa Jawa Barat dapat menjadi suatu daerah yang mampu untuk mengurangi permasalahan sosial dengan efektif.

Peserta SSWD#14 Peran Peksos dlm Membangun JABAR 2

Permasalahan Sosial yang sangat kompleks di daerah Jawa Barat, Pemimpin yang baru harus segera mengatur program–program kerja yang efektif dan tepat dalam menangani permasalahan sosial. Pengembangan Home Industry yang dapat dipotensikan di daerah-daerah yang mempunyai potensi SDA dan SDM (usulan Andi Muh. Imam). Memanfaatkan NGO yang ada seperti Save The Children dalam berbagai penanganan permasalahan anak dengan memberikan pemanfaatan izin dalam melakukan pelayanan. Namun melihat permasalahan sosial yang sangat kompleks ini terutama di bidang anak sangat diperlukan adanya kerjasama dengan pihak–pihak organisasi sosial dalam melakukan pelayanan sosial. Melihat keterbatasan pemerintah dalam hal SDM dan anggaran, NGO dapat dijadikan sebagai partner kerja yang sangat efektif dalam menyelesaikan permaslahan sosial dengan melibatkan pekerja-pekerja sosial yang ada dan STKS sebagai pencetak pekerja sosial yang dapat menyalurkan Pekerja Sosial yang handal dalam menangani permasalahan Sosial di daerah Jawa Barat.

FILE PUBLIKASI SSWD#13 dapat DIDOWNLOAD dan DISEBARLUASKAN SSWD#14_28 Feb 13_Peran Strategis Peksos tuk Bangun Jabar Lebih Baik

Peserta SSWD #13: Fadly Yulianto (’10), Dyah Ayu Y (’11), Evi Yuliani (’11), Ganuardi Pradipta (’11), Andi Muh. Imam (’11), Hanifah S (’12), Ryza Nucifera (’12).

Kami menunggu Partisipasimu Kawan. . . .!!!!

NB: Scientific Social  Work Discussion (SSWD) is an open discussion group for STKS’s students that has 2 focuses: 1)Science Development of Social Work and 2)Social Phenomenon Response. Will be held every Thursday afternoon from 4.00pm until 5.45pm.

Hasil diskusi pada Kamis sore, 28 Februari 2013

Categories: Publikasi Hasil Diskusi, Social Phenomenon Response | Tags: , , , , , , , | 3 Comments

Post navigation

3 thoughts on “Peran Strategis Pekerja Sosial dalam Membangun Jawa Barat

  1. Q

    hebat,,, sya menunggu tulisan hasil diskusi kawan2 yg baru,,

  2. Di SSWD Edisi berikutnya (setiap hari Kamis sore), Qadry ikut ya🙂

  3. Reblogged this on .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: