Larangan Merokok di Area Kampus STKS Bandung

P U B L I C A T I O N

SCIENTIFIC SOCIAL WORK DISCUSSION

“Larangan Merokok di Area Kampus STKS Bandung”

SSWD Edisi #016, Tahun #III 14 Maret 2013

01 SSWD#16_STKS Bebas Asap RokokSSWD kali ini bertemakan Bebaskan kampus tercinta dari asap rokok. Tema ini sebenarnya telah dibahas juga pada pertemuan SSWD sebelumnya. Dengan adanya beberapa instrumen yang dihasilkan pada pertemuan sebelumnya, sangat membantu untuk mempermudah dikeluakan kebijakan dalam hal asap rokok ini.

Melihat kampus kita bagian dari kampus kedinasan. Selayaknya terdapat aturan-aturan yang mengatur tentang pelarangan asap rokok di area pendidikan ini. Banyak hal yang dapat dikaji dari berbagai sudut dalam membebaskan kampus ini dari asap rokok tanpa menghilangkan hak-hak para perokok yang berada di kampus. Yuk kita bahas dari hasil diskusi kemarin.

Secara umum banyak orang yang telah mengetahui dampak negatif dari asap rokok. Beberapa penyakit yang terdapat di rokok. Dapat dilihat pada gambar di samping kanan berikut ini. Nah, dari gambar di samping kayaknya rokok itu kaya akan penyakit. Bahkan di bungkusan rokok pun telah tertulis peringatan tentang bahaya rokok. Sangat disayangkan bagi tubuh kita ini jika sakit disebabkan rokok.

Secara umum dampak negatif rokok dikampus adalah tercemarnya udara segar di kampus. Bagi yang tidak merokok biasanya merasa risih dengan banyaknya asap rokok yang ada. Apalagi di tempat-tempat strategis seperti foodcourt kampus yang jika jam makan siang telah dipenuhi oleh civitas akademika dan banyaknya asap rokok yang ada semakin membuat sesak udara bersih di kampus ini.

Kampus STKS sebagai Perguruan Tinggi Kedinasan dirasa perlu untuk mengeluarkan sebuah kebijakan mengenai Larangan merokok di area kampus. Diperkuat dengan adanya peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2003 tentang pengamanan rokok bagi kesehatan dan Perda No.11/2005 tentang Keindahan, Kebersihan dan Ketertiban (K3).

Namun dalam mengaplikasikan peraturan tersebut dan mengeluarkan kebijkan baru tentang larangan merokok di area kampus perlu adanya asesmen bagi para perokok. Hak-hak para perokok pun yang notabenenya pecandu rokok perlu diperhatikan. Dengan menyediakan ruangan merokok di berbagai sudut kampus, atau larangan merokok selama kegiatan kampus berjalan merupakan beberapa alternatif dalam penerapan kebijakan kampus bebas asap rokok.

Hak-hak bagi yang tidak merokok pun harus sangat diperhatikan. Kesehatan bagi yang tidak merokok perlu diperhatikan. Kami sangat mengharapkan adanya ruangan merokok (smooking room) bagi para perokok agar lingkungan STKS ini menjadi bersih dan asri. Rasanya kita perlu belajar dari akang-akang OB dan bapak-bapak Security. Mereka saat merokok selalu mencari ruangan tersudut dan tidak di area publik sehingga tidak mengganggu orang lain dari asap rokok mereka.

Sebagai suatu kesimpulan, kami mengharapkan para petinggi STKS dapat mengeluarkan suatu kebijakan tentang larangan merokok di area kampus dengan memperhatikan hak-hak para perokok dengan adanya ruangan merokok seperti yang tersedia di kampus-kampus lain. Atau adanya jam tertentu dalam larangan merokok di area kampus.

FILE PUBLIKASI SSWD#15 dapat DIDOWNLOAD dan DISEBARLUASKAN SSWD#16_14 Maret 2013_Larangan Merokok di Area Kampus STKS

Peserta SSWD #016: Fadly Yulianto (’10), Evi (’11), Dyah Ayu (’11), Nella Kurnia Anggrahini (’12), Qanita Millatina Afifah (’12), Aldy Devianty (’12), Maha Athirah (’12), Nur Khamidah (’12), Alfrojems (’12), Rendiansyah PD (’10), Guruh (’12), Ardypradipta (’11), Devi (’12), Hanifah (’12), Adit (’12), Rizal (’12).

Kami menunggu Partisipasimu Kawan. . . .!!!!

02 SSWD#16_STKS Bebas Asap Rokok == 03 SSWD#16_STKS Bebas Asap Rokok

Categories: Publikasi Hasil Diskusi | Tags: , , , , , , | 1 Comment

Post navigation

One thought on “Larangan Merokok di Area Kampus STKS Bandung

  1. Reblogged this on .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: