Sharing Tentang Metode atau Teknik dalam Praktikum III Mahasiswa STKS Bandung

P U B L I C A T I O N

SCIENTIFIC SOCIAL WORK DISCUSSION

“Sharing Tentang Metode atau Teknik dalam Praktikum III Mahasiswa STKS Bandung”

SSWD Edisi #017, Tahun #III 02 Mei 2013

Scientific Social Work Discussion (SSWD) kembali berdiskusi pada hari Kamis, 02 Mei 2013, pukul 16.30 wib. Dan juga hari ini bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, tetapi tema yang kita angkat dalam diskusi ini bukan mengenai pendidikan di Indonesia tetapi hari ini kita sharing tentang pengalaman dari mahasiswa STKS 2009 yang baru saja menyelesaikan Praktikum III. Adapun narasumber kita sangat luar biasa yaitu Abul Muhni Salam kelas IV-C dan Anisa Amalya Mukti kelas IV-D (salah satu dari mahasiswa berprestasi dari angkatan 2009). Sebenarnya kita juga mengundang beberapa mahasiswa angkatan 2009 untuk menjadi narasumber tetapi kebetulan yang bisa hadir hanya dua orang ini.

Kali ini sebenarnya ingin sharing tentang pengalaman dari praktikum tiga tetapi kami lebih memfokuskan untuk sharing tentang metode-metode yang sering digunakan dalam Praktikum III yaitu praktikum di masyarakat. Dengan pembahasan bagaimana kita menerapkan metode pengembangan masyarakat dalam praktikum III ini? Bagaimana kita dapat memodifikasi metode-metode ini sesuai dengan keadaan di lapangan, tanpa mengubah esensi dari metode-metode yang akan digunakan?.

Dari hasil sharing ini narasumber mengemukakan ada beberapa tehnik yang sering digunakan dalam Praktikum III ini, antara lain: Transect walk, Community meeting, TOP (Technology of Participation), ZOPP (Zeal Oriented Project Plano), dan FGD (Focus Group Discussion). Masih ada beberapa metode lagi selain metode lagi di atas tetapi mungkin yang sering dipakai oleh praktikan adalah metode tersebut.

Transect walk merupakan metode untuk mengasesemen masyarakat dan melakukan penelusuran ke masyarakat dengan tujuan untuk mengetahui kondisi yang ada di masyarakat. Ada dua poin yang harus diperhatikan dala hal ini yaitu melakukan pemetaan dan pendampingan oleh pihak lokal. Dimana dalam melakukan transect walk perlu adanya pihak lokal untuk mendampingi kia dalam melakukan asesmen atau pihak lokal ini sebagai key person yang dipercaya masyarakat, yang mengerti keadaan masyarakat setempat dan dapat diterima oleh mayasrakat tersebut, dan juga pihak lokal ini pun dapat membantu untuk melakukan pemetaan.

Community meeting merupakan proses pengumpulan data yang melibatkan kerjasama aktif antara pengumpul data dan responden. Dimana responden yang dimaksud ada stakeholder yang ada di masyarakat itu dan juga masyarakat itu sendiri. Community meeting ini merupakan hal yang unik, dimana untuk mengumpulkan masyarakat merupakan hal yang langka atau jarang bisa dilakukan. Dan Community meeting ini menjadi tolok ukur masyarakat, bagaimana kita dapat membangun kepercayaan (trust building) terhadap masyarakat. Dalam melakukan Community meeting ini kita harus benar-benar memiliki tujuan yang jelas yang akan dicapai.

MPA (Metodology Participation of Assessment) merupakan salah satu metode yang digunakan dalam Community meeting untuk proses pengumpulan data. Dimana MPA ini untuk mengidentifikasi sumber, potensi dan modal yang ada di masyarakat untuk dapat dimanfaatkan untuk melakukan perbaikan dan perubahan sosial.

TOP (Technology Of Participation) merupakan teknik perencanaan pengembangan masyarakat secara partisipatif, sehingga seluruh pihak memiliki kesempatan yang sama untuk mengemukakan gagasan. Teknologi partisipatif mengeksplorasi munculnya inisiatif-inisiatif, sikap kepemimpinan, keputusan dan tanggung jawab dari seluruh warga yang hadir.Teknik ini dapat membantu target group (kelompok sasaran) untuk menghasilkan kegiatan operasional.

FGD (Focus Group Discussion). Diskusi kelompok dapat melibatkan 8-12 anggota yang telah dipilih berdasarkan kesamaan latar belakang. Peserta diskusi bisa para penerima pelayanan, penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS), atau para ketua Rukun Tetangga. Fasilitator menggunakan petunjuk diskusi, mencatat proses diskusi dan kemudian memberikan komentar mengenai hasil pengamatannya. Dimana dalam melakukan diskusi ini membahas sesuatu yang ditentukan sebelumnya, dan membuat sebuah perencanaan.

Kesimpulan dalam sharing kita hari ini bahwa tujuan utama dalam melaksanakan Praktikum III ini adalah melakukan perbaikan dan perubahan sosial di masyarakat. Dimana dalam Praktikum III ini juga dituntut untuk melakukan intervensi langsung terhadap masyarakat, dan membuat atau menyusun naskah kebijakan.

Pesan dari para praktikan adalah perhatikan dosen di kelas, karena setiap kata dari ceramah dosen itu sangat berguna sekali dalam action di masyarakat. Dan ilmu yang didapat dari Praktikum III ini adalah dimana kita tidak hanya berusaha untuk menjadi orang yang sukses tetap juga bersaha untuk menjadi orang yang bernilai di masyarakat.

FILE PUBLIKASI SSWD#15 dapat DIDOWNLOAD dan DISEBARLUASKAN SSWD#17_02 Mei 2013_Sharing Metode Praktikum III Mahasiswa STKS Bdg

Peserta SSWD #17: Evi Yulianti (’11), Abdul Muhni Salam (’09), Muhammad Ikhlas Samad (’11), Aris (’12), Alfrojems(’12), Annisa Amalya Mukti (’09)

Kami menunggu Partisipasimu Kawan. . . .!!!!

NB: Scientific Social Work Discussion (SSWD) is an open discussion group for STKS’s students that has 2 focuses: 1)Science Development of Social Work and 2)Social Phenomenon Response. Will be held every Thursday afternoon from 4.00pm until 5.45pm.

Motivation note
“Salah satu modal yang seharusnya dimiliki dan disadari oleh mahasiswa STKS adalah keinginan untuk membaca, dan keinginan untuk membingkai waktu seefektif mungkin. Dua hal ini merupakan modal penting saat kalian action di masyarakat” (Anisa Amalya Mukti)

Categories: Publikasi Hasil Diskusi, Science Development | Tags: , , , , , , , , | 1 Comment

Post navigation

One thought on “Sharing Tentang Metode atau Teknik dalam Praktikum III Mahasiswa STKS Bandung

  1. Reblogged this on .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: