ToR of SSWD 2011

Term of Reference

Scientific Social Work Discussion

Acknowledgement

Pada era sekarang ini, kebanyakan mahasiswa maupun mantan mahasiswa yang tengah menjabat sebagai birokrat di bidang pemerintahan cenderung tidak menggunakan ilmu mereka dalam berpendapat maupun bertindak. Utamanya dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan kemaslahatan umat (orang banyak). Hal ini tentunya tidak sesuai dengan harapan dan cita-cita luhur masyarakat, terutama para orang tua yang telah menyekolahkan dan membiayai anaknya untuk menempuh pendidikan tinggi agar bisa menjadi orang pintar yang berguna bagi bangsa dan negara.

Hal tersebut dapat disinyalir dengan menurunnya minat mahasiswa untuk melakukan kajian-kajian tentang fenomena yang terjadi di masyarakat dan pengembangan ilmu pekerjaan sosial yang dituangkan dalam bentuk diskusi yang menghasilkan output berupa suara mahasiswa. Mirisnya, para mahasiswa dewasa ini kebanyakan malah banyak yang menyenangi hal-hal yang bersifat hedonis dan kesenangan diri sendiri, serta tidak berorientasi pada pemacahan masalah orang banyak, baik berupa problem solving, maupun society empowerment.

Berdasarkan kenyataan yang dipaparkan di atas, maka kami selaku mahasiswa STKS Bandung yang mempunyai impian untuk memunculkan kembali suasana akademis kampus yang sarat dengan pemikiran “mahasiswa”, maka kami membentuk sebuah forum yang bernama Scientific Social Work Discussion yang selanjutnya kami sebut SSWD.

Purpose

Tujuan utama dibentuknya SSWD adalah untuk memberikan ruang kepada mahasiswa agar dapat menyampaikan aspirasinya secara ilmiah baik tentang fenomena sosial maupun pengembangan ilmu pekerjaan sosial yang kemudian dituangkan dalam sebuah publikasi baik di media offline (selebaran, buletin, dll) maupun online (blog, website, facebook, dll). Tujuan SSWD secara spesifik dapat dijabarkan sebagai berikut:

  1. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk membahas masalah sosial dalam bingkai perspektif pekerjaan sosial;
  2. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa membahas pengembangan ilmu pekerjaan sosial;
  3. Mengupas dan membahas dari sisi lain sebuah pemecahan masalah berdasarkan perspektif pekerjaan sosial;
  4. Meningkatkan dan menarik minat mahasiswa untuk mengembalikan nilai-nilai luhur seorang mahasiswa yang berjiwa kritis dan akademis;
  5. Memberikan contoh yang baik dalam dunia kampus STKS Bandung tentang pentingnya sharing dalam bidang ilmu pekerjaan sosial.

Subject

Adapun tema besar yang dibahas dalam SWSD antara lain sebagai berikut:

  1. Science Development of Social Work. Isinya adalah membahas mengenai pendapat kritis tentang perkembangan ilmu Pekerjaan Sosial.
  2. Social Phenomenon Response. Berkenaan dengan cepat tanggap terhadap fenomena sosial yang berkembang di masyarakat sekitar, dengan bingkai perspektif ilmu Pekerjaan Sosial.

Members

Mahasiswa yang akan ikut membahas dan menjadi pembahas dalam SSWD adalah mahasiswa STKS Bandung, alumni STKS Bandung, mahasiswa jurusan Kesejahteraan Sosial, dan/atau dosen serta pratisi Pekerjaan Sosial atau Kesejahteraan Sosial, dan umum.

Anggota tetap yang menjadi pembahas adalah Tim 5, yaitu:

  1. Muhammad Joe Sekigawa, a great dreamer. Saat ini masih duduk di kelas 4-C semester VII Jurusan Rehabilitasi Sosial STKS Bandung angkatan 2008;
  2. Abd. Muhni Salam, an optimistic guy. Sekarang masih berstatus mahasiswa kelas 3-C semester V STKS Bandung angkatan 2009;
  3. Bambang Sudrajat, a cool boy with a strong power. Tengah menjalani aktivitas sebagai mahasiswa kelas 3-E semester V STKS Bandung angkatan 2009;
  4. Erna Dwi Susanti, a smart akhwat with a huge creativities. Mahasiswi kelas 3-G semester V STKS Bandung angkatan 2009;
  5. Anisa Amalya Mukti, a clever, smart and has a vision to the future, what a smooth akhwat. Masih betah menyandang status mahasiswi kelas 3-D semester V STKS Bandung angkatan 2009.

Schedule

Pembahasan dan pengulasan topik diskusi dilaksanakan di Kampus STKS Bandung setiap satu minggu sekali pada hari yang disepakati oleh Tim 5. Adapun topik spesifik yang dibahas setiap minggunya adalah bergantian berdasarkan 2 tema besar di atas (Science Development dan Phenomenon Response)

The Story Was Begin . . .

SSWD lahir untuk pertama kalinya dengan ditandai oleh diskusi perdana yang telah dilaksanakan pada hari Jum’at sore, 16 September 2011 pukul 15.30wib-16.30wib di Taman Rumput Barat Masjid Al Ihsan STKS Bandung.

Online Access

Feel free to access our SSWD publication at https://sswdstks.wordpress.com/ and PAGE Bandung College of Social Welfare on Facebook.

Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: